Mistery Terbaru

Selasa, 03 November 2009

''Example Membuat Laporan PSG''

MENYETUJUI/MENGESAHKAN

HASIL LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Laporan Praktik Kerja Industri telah diterima dan disaksikan oleh

Kepala SMK AL-MANAR BOGOR

JL. KH. Soleh Iskandar Gg. Masjid Al-Abrar Kayumanis

Kec. Tanah Sareal Kota Bogor

TIM EVALUASI :


Penguji I

NIP.

Penguji II

Nip


Penguji III

NIP.

Penguji IV

Nip


Mengetahui,

Kepala SMK PERMATA 2

Dra. Hj. Mariam, M. Pd

NIP.15021257


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT.Yang telah memberikan rahmat, inayah serta magfirah kepada kami sekalian sehingga kami dapat menyelesaikan pembukuan ini sebagai hasil laporan hasil Praktik Kerja Industri (PERAKERIN) yang bertempat di KAMPUS AMIK BOGOR.

Laporan ini kami susun untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Kejruan (SMK) AL-MANAR BOGOR, adapun pelaksanaannya bertempat KAMPUS AMIK BOGOR selama 2 (Dua) bulan

Suksesnya pembukuan hasil laporan ini berkat bimbingan dari semua pihak yang membantu kami selama Praktik Kerja Industri (Prakerin) berjalan.

Maka dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

1. Kepala SMK AL-MANAR BOGOR Ibu Dra. Hj. Mariam, M. Pd yang telah memberikan kesempatan kepada kami semua utuk melaksanakan Prakerin.

2. Bapak ENGUS KUSBINI selaku Ketua dan pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami.

3. Bapak Drs. Rizki Triananda, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti Prakerin.

4. Bapak Dzul dan Bapak Herman selaku pembimbing kantor yang telah banyak membimbing kami selama Prakerin.

Penyusun menyadari, bahwa dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu, kami mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat maembangun,Insya Allah pada suatu saat kami dapat menyempurnakan laporan ini dengan lebih baik lagi.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah berusaha membantu dalam penyusunan laporan ini, dan kami berharap semoga laporan ini dapat berguna khususnya bagi adik-adik kelas kami dan masyarakat pada umumnya.

Kami memilih judul “TECHNIK JARINGAN COMPUTER Local Area Network (LAN)” yang kami susun dalam laoran PREKERIN.

Semoga bimbingan dan kebaikan yang telah diberikan kepada kami akan mendapatkan ridho dari Allah SWT .Amin

Dan kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami semua dan umumnya bagi rekan-rekan yang memerlukan

Bogor, …………….2007

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Peraktik Kerja Industri ( PERAKERIN )

Peraktik kerja industri (PERAKERIN) Adalah salah satu program yang ada di SMK merupakan salah satu kegiatan yang mengutamakan keahlian dan keterampilan pada siswa siswi. Pelaksanaan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) adalah sebagai perwujudan kebijakan “Linkmact” pada umumnyu di laksanakan pada dua tempat yaitu di sekolah dan dunia usaha, perusahaan atau intansi. Kegiatan ini dilaksankan dalam rangaka peningkatkan mutu siswa siswi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) agar mengetahui bagaimana cara kerja atau menagani pekerjaan dengan baik.

Harapan utama dari Peraktik kerja industri (PERAKERIN) adalah agar siswa dapat mengetahui bagai mana keadaan dunia kerja. Untuk mengetahi kemampuan siswa di tempat intansi tersebut untuk melaksanakan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) ini disiapkan sutau perangkat praktek perangkat yang di maksud adalah “Buku Jurnal” jurnal ini berfungsi sebagai suatu bentuik laporan kegiatan siswa, selama siswa tersebut melaksanakan kegiatan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) di dunia usaha.

Seperti di ketahui dalam Garis Besar Haluan Negara (GHBN) Tahun 1998 ditetapkan bahwa pendidikan bersifat kemasyarakatan, seperti kusrsus dan keterampilan, begitupun dengan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) yang dilaksanakan oleh SMK, agar siswa dan siswi dapat mengenali dunia kerja dengan sesungguhnya.

Selama itu pula bahwa Peraktik kerja industri (PERAKERIN) wajib dilaksanakan oleh para siswa dan siswi di SMK. PERAKERIN adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional.

Dalam Peraktik kerja industri (PERAKERIN) siswa siswi melaksanakan dengan cara terjun langsung ke suatau perusahaan atau intansi pemerintah maupun suasta untuk melatih kemanpuan siswa siswi SMK dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Seiring dengan kemajuan tekhnologi dan informasi yang sangat pesat msyarakat semakin sadar akan pentinganya peranan informasi dalam aspek kehidupan. Hal ini merupakan suatu persoalan tersendiri yang menjadi hambatan sekaligus peluang untuk meningkatkan kesejahtraan manusia apabila dilihat dari kebutuhan informasi sehingga informasi yang di sampaikan .

Perusahaan-perusahaan sadar bahwa jaringan komputer dapat meningkatkan produktifitas dan mengirit pengeluaran biaya. Jaringan-jaringan komputer ditambah dan terus diperluas hampir secepat teknologi jaringan dan produk-produk diperkenalkan. Pengembangan jaringan komputer pada awalnya tidak terkoordinasi. Walau demikian, pengembangan yang luar biasa terjadi pada awal tahun 1980-an.

Pada pertengahan 1980-an, teknologi jaringan komputer diperkaya dengan implementasi hardware dan software yang bervariasi. Setiap perusahaan yang menciptakan hardware dan software untuk jaringan menggunakan standard masing-masing. Standar-standar ini dikempangkan karena kompetisi dengan perusahaan lain. Hasilnya, banyak teknologi jarinngan tidak kompatibel antara satu dengan lainnya. Sehingga menyebabkan kesulitan yang kian bertambah untuk jaringan-jaringan yang menggunakan spesifikasi yang berbeda untuk komunikasi satu dengan lainnya. Peralatan komputer seringkanli harus diganti untuk implementasi teknologi baru.

Satu solusi awal adalah diciptakannya standar-standar pada Local Area Network (LAN). Standar-standar LAN menyediakan satu kumpulan petunjuk yang baku bagi peralatan hardware dan software jaringan. Hasilnya, peralatan dari perusahaan lain menjadi kompatibel. Hal ini menghasilkan kestabilan dalam implementasi LAN.

Dalam sebuah sistem LAN, setiap departemen dari perusahaan adalah seperti sebuah pulai elektronik. Sebagaimana penggunaan komputer dalam bisnis yang terus berkembang, LAN menjadi tidak efisien.

Teknologi baru diperlukan untuk berbagi informasi secara efisien dan cepat dalam sebuah perusahaan dan antara perusahaan satu dengan lainnya. Solusinya adalah dengan menciptakan suatu Metropolitan-Area Networks (MANs) dan Wide-Area Networks (WANs). Karena WANs dapat menghubungkan jaringan-jaringan dengan daerah geografik yang luas, hal ini memungkinkan beberapa perusahan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya melalui jarak yang jauh.

Oleh karena itu kami memilih judul “TECHNIK JARINGAN COMPUTER Local Area Network (LAN)” yang kami susun dalam laoran PREKERIN.

1.2 Pembatasan Masalah

Pembahasan masalah ini, yang kami batasi dalam masalah yang kami ketahui dan secara peraktik maupun teorinya dan di sesuaikan dengan jurusan yang kami ambil.

Ø Memasang IP addrees secara otomatis

Ø Mematikan computer lain dari Command Prompt (CMD)

1.3 Tujuan Peraktik Kerja Industri (PERAKERIN)

Adapun tujuan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) ialah sebagai berikut :

Ø Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta membah wawasan siswa yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.

Ø Melatih kerja dan pengamatan tehnik – tehnik yang di terapkan di tempat Peraktik kerja industri (PERAKERIN) sesuai di bidang keahlian yang di miliki

Ø Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja serta meningkatkan episiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang bekualitas dan profesioanal.

1.4 Metode Pengumpulan Bahan Laporan

Metode pengumpulan bahan laporan yang kami lakukan dengan cara mengabil bahan dari buku dan internet.

1.5 Waktu Pelaksanaan PERAKERIN

Pelaksanaan peraktik kerja industri ( PERAKERIN ) kurang lebih dua bulan yang dimulai dari tanggal 31 agustus sampai dengan 31 oktober dengan ketentuan 6 hari jam kerja dengan ketepatan waktu dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 wib.

1.6 Lokasi Pelaksanaan PERAKERIN

Lokasi pelaksanaan PERAKERIN di kampus akademik manajemen komunikasi dan informatika (AMIK BOGOR).

BAB II

LANDASAN UMUM

1.1 SEJARAH SINGKAT AMIK BOGOR

AMIK Bogor pertama berdiri dengan nama AMIK Bina Profesi pada tahun 1999 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 099 / D / 0 / 1999, dibawah Binaan Yayasan Bina Profesi. Tanggal 1 Februari 2001 melalui akte Notaris Ny. Yatni Sudiyatni, SH,. No. 1 tanggal 1 Februari 2001 hak penyelenggaraan AMIK Bina Profesi dialihkan kepada Yayasan Binaniaga. Perubahan nama AMIK Bina Profesi menjadi AMIK BOGOR mulai disosialisasikan pada tahun 2004 dan tahun 2005 AMIK Bina Profesi resmi diubah menjadi AMIK BOGOR sebagaimana Keputusan Dirjen Dikti No.130/D/O/2005. Sejak didirikan tahun 1991 hingga kini, Yayasan Binaniaga telah menyelenggarakan 3 (tiga) lembaga pendidikan yaitu STIE Bina niaga, STIKOM Binaniaga dan AMIK BOGOR.

Adapun Visi dan Misi AMIK BOGOR ialah

Visi
Mewujudkan AMIK BOGOR sebagai perguruan tinggi yang mampu mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan melalui pemahaman, penguasaan dan penyebarluasan teknologi.

Misi
1). Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang teknologi dan informasi, melalui 3 elemen dasar perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

2) Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan menyebarluaskan kemampuan dan keterampilannya untuk kemaslahatan manusia.

3) Mewujudkan kemandirian peserta didik melalui penguatan kreativitas cipta, karsa dan karya akademis.

STRUKTUR DAN ORGANISASI

Struktur dan organisasi AMIK BOGOR disusun mengacu kepada peraturan pemerintah nomor 90 tahun 1999 tentang perguruan tinggi serta status AMIK BOGOR sebagai mana telah ditetapkan oleh badan penyelengara, yaitu Yayasan Binaniaga.

Saat organisasi AMIK BOGOR terdiri dari

1. Unsur pimpinan, yang terdiri dari Direktur, Pembantu Direktur I ( Pudir I ) yang bertanggung jawab tentang bidang Akademik, Pembantu Diretur II yang bertanggung jawab atas Administrsi umum dan keuangan serta Pembantu Direktur III ( Pudir III ) yang bertanggun jawab atas bidang ke siswaan .

2. Senat Akademik, merupakan bandan mormatif tertingggi di lingkungan AMIK BOGOR yang di ketuai oleh Direktur dan di dampingi oleh seorang sekertaris yang dipilih dari anggota senat.

3. Pelaksan Akademik, adalah penyelenggaraan di bidang akademik melaui jurusan.

4. Pelaksan Admistrasi

Pelaksana Administrasi AMIK BOGOR dilaksanakan oleh dua bagian yaitu

a) Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), yaitu yang bertugas memebantu pimpinan di bidang administrasi akademik, kemahasiswaan. BAAK terdiri atas:

a. Sub bagian Akademik dan Evaluasi;

b. Sub bagian Registrasi dan Statistik;

c. Sub bagian Kemahasiswaan Alumni

d. Sub bagian Kerjasama dan Sarana Akademik

b) Bagian Administrasi umum dan keuangan (BAUM & KEU ), yaitu bagian yang bertugas dibidang admininstrsi umum dan keuangan BAUM dan KEU terdiri atas beberapa Sub bagian yaitu :

a. Sub Bagian Adminitrsi Umum

b. Sub Bagian Rumah Tangga Dan Perlengkapan

c. Sub Bagian Kepegawaian; dan

d. Sub Bagian Keuangan

e. Unit Pelaksaan Teknis ( UPT )

Unit Pelaksaan Teknis ( UPT ) yang saat ini dimilik oleh AMIK BOGOR adalah UPT perpustakaan dan UPT pusat computer ( PUSKOM ).

f. Unsur Penunjang Akademik

Unsur Penunjang Akdemik di AMIK BOGOR di wujudkan dalam suatu unit kerja yang dinamakan Pusat Penelitian dan pengabdian pada masyarakatatau di singkat P2M. Unit ini bertugas mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian sebagai unit penunjang dibidabg akademik yang teleh ditetapkan oleh bagian akademik.

g. Pusan Pengembangan dan Penerapan Teknoligi atau disingkat P3T, unit ini merupakan pusat penelitian, penkajian dan penerapan khusus di bidang teknologi.


Related Posts with Thumbnails