Mistery Terbaru

Senin, 28 September 2009

''Cara Memilih Laptop yang terbaik''

Pendahuluan

Penggunaan laptop semakin hari semakin populer. Seiring dengan makin turunnya harga laptop, saat ini laptop sudah dapat dikatakan telah menjadi kebutuhan pribadi bagi orang-orang yang menggunakannya.

Berbeda dengan komputer meja(desktop) yang dirancang untuk berada di tempat yang tetap, laptop dirancang agar dapat digunakan dimana pun pemiliknya berada. Oleh sebab itu untuk seseorang dengan mobilitas tinggi memiliki laptop lebih diminati dibanding memiki komputer desktop.
Perkembangan menunjukan semakin bervariasinya fitur-fitur dan komponen-komponen pendukung laptop. Oleh sebab itu dibutuhkan sejumlah pemahaman tersendiri mengenai cara memanfaatkan fitur-fitur tersebut beserta permasalahan yang sering menjadi kendala dalam menggunakan laptop.
Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi penjelasan mengenai permasalahan-permasalahan yang muncul beserta solusinya dalam memiliki dan menggunakan laptop.

Sumber Daya Listrik

Dapat menggunakan laptop tanpa ketersediaan jaringan listrik tetapi dengan sumber listrik dari batere laptop adalah kelebihan utama laptop dibanding komputer desktop. Namun hal itu justru seringkali harus menjadi masalah karena batere laptop memiliki keterbatasan waktu penggunaan, dimana lamanya waktu penggunaan tergantung pada cara menggunakan laptop itu sendiri.

Mengetahui Kondisi Batere

Pertama-tama Anda harus tahu kondisi laptop anda. Batere laptop saat ini sudah menggunakan jenis batere Lithium-Ion(Li-On), jenis ini memang jenis yang paling baik yang ada di pasaran dibanding jenis pendahulunya seperti Nickel Metal Hybride (Nimh) atau Nickel Cadnium (NiCad).
Idealnya batere laptop dapat digunakan setidaknya selama dua jam, maksudnya jika batere laptop anda dalam keadaan penuh kemudian anda gunakan, jika sebelum mencapai dua jam batere anda harus sudah diisi ulang maka waktu penggunaan batere laptop anda di bawah rata-rata. Beberapa batere laptop dengan kualitas tinggi dan tentu saja dengan harga yang tingggi pula bahkan dapat digunakan selama enam jam.

Perlu diperhatikan bahwa sebagian besar vendor laptop menuliskan waktu penggunaan batere untuk pengaturan laptop minimal. Artinya waktu tersebut akan dicapai jika pengaturan laptop anda telah benar-benar memaksimalkan penghematan penggunaan listrik, misalnya pengaturan kontras layar minimal, pengaturan mode Stand By atau hibernasi laptop jika sedang tidak digunakan, mematikan fasilitas WiFi dan Bluetooth dan lain sebagainya.

Ujilah daya tahan batere laptop anda, dengan cara isi penuh batere, kemudian gunakan dengan penggunaan normal anda ber-laptop, hingga muncul pesan untuk segera mengisi ulang bater laptop anda. Ingatlah baik-baik waktu tersebut agar di kesempatan lain batere anda jangan sampai benar-benar kosong, dan anda dapat menyesuaikan penggunaan laptop anda untuk kondisi tanpa ketersediaan jaringan listrik.


Mengisi batere dalam kondisi laptop mati

Apabila Anda akan mengisi batere, sebaiknya kondisi laptop anda tidak sedang dinyalakan. Namun jika hal itu dirasa merepotkan anda maka minimal apabila batere laptop telah penuh, maka segeralah copot batere adapter agar batere anda tidak mengalami kelebihan beban. Hal ini akan memperpanjang umur batere laptop Anda dan mempertahankan kualitas batere Anda.

Mencopot batere, apabila menggunakan jaringan listrik

Jika Anda menggunakan laptop di rumah atau di tempat dengan ketersediaan listrik dalam waktu yang lama, maka dapat dipikirkan untuk merawat batere laptop Anda dengan cara mencopotnya dari laptop dan Anda benar-benar menggunakan jaringan listrik yang ada. Selain ada resiko kelebihan muatan, panas yang ditimbulkannya dapat memperpendek umur batere. Sebaiknya tetap gunakan stabilizer atau jika ada UPS untuk menghindari lonjakan listrik yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Menata pengaturan kerja laptop


Sering Anda lupa waktu dalam menggunakan laptop, sehingga waktu 2 atau 3 jam akan cepat dilewati, sehingga tiba-tiba batere laptop anda sudah habis. Padahal waktu maksimal hidup batere anda akan berkurang atau istilah umumnya ‘cepat drop’ jika batere benar-benar kosong.
Pada saat anda menggunakan komputer tanpa ketersediaan listrik, seperti di kendaraan, di ruang tunggu, taman dan lain sebagainya, ada banyak cara untuk mengatur lingkungan kerja komputer anda untuk menghemat penggunaan batere.

Pada sistem operasi seperti Microsoft Windows, tersedia fasilitas power option yang berada di control panel untuk mengatur penggunaan listrik laptop. Fasilitas ini hanya bisa diatur jika anda login ke laptop anda sebagai admin. Pengaturan yang dapat dilakukan diantaranya adalah pengaturan mode Stand By, yaitu monitor dan harddisk dapat dikondisikan tidak aktif, jika tidak ada operasi yang anda lakukan dalam selang waktu tertentu. Selang waktu itu dapat anda atur, misalnya anda atur selama 5 menit, maka jika anda meninggalkan laptop dalam waktu 5 menit, maka otomatis monitor dan harddisk akan mengurangi konsumsi listrik. Untuk mengaktifkan kembali laptop yang dalam keadaan tidak aktif ini , anda dapat dengan mudah menggerakan mouse atau menekan sebuah tombol keyboard.


Mode pengaturan yang lain adalah hibernasi(hibernate). Pada saat berada dalam kondisi hibernasi, laptop benar-benar mati, sehingga sama sekali tidak mengkonsumsi listrik. Berbeda dengan mode Stand By yang menggunakan RAM untuk menyimpan kondisi laptop pada saat terakhir aktif, mode hibernasi menggunakan harddisk untuk menyimpan kondisi terakhir laptop, oleh sebab itu pastikan tersedia ruang di harddisk untuk menyimpan kondisi laptop Anda. Fasiltas ini sebenarnya lebih bermanfaat untuk menjalankan kembali laptop dalam waktu cepat. Proses mengaktifkan kembali laptop sama seperti proses menghidupkan komputer, tetapi tanpa melalui proses login dan start up.


Beberapa tips lain yang dapat dilakukan dalam menghemat penggunaan listrik adalah dengan memilih warna latar atau warna dominan layar seperti bac
kground desktop dengan warna yang gelap, karena lebih hemat dalam mengkonsumsi listrik. Selain itu ada baiknya jangan membuka banyak aplikasi, aplikasi yang sudah tidak digunakan dapat anda segera tutup. Hal ini juga akan mengurangi kerja prosesor sekaligus mengurangi konsumsi listrik..

Menyediakan batere cadangan

Untuk kebutuhan dalam perjalanan jauh dan tentunya jika dana mencukupi, Anda dapat menyediakan batere cadangan. Beberapa laptop menyediakan fasilitas tempat penyediaan batere cadangan tersebut, jika tidak ada, anda dapat membeli tas laptop yang menyediakan fasilitas penyimpanan batere cadangan. Batere yang telah diisi penuh dapat dicopot dan listrik di dalamnya tidak akan hilang.

Membawa kabel ekstensi multi slot

Mungkin anda menggunakan laptop di perpustakaan atau di rumah teman, dimana stop kontak yang ada sedang digunakan, maka untuk kondisi seperti itu sediakanlah kabel ekstensi multi slot agar Anda tetap dapat menggunaka laptop Anda.
Alat ini juga bermanfaat jika sewak
tu-waktu anda menggunakan peralatan-peralatan elektronik lainnya seperti handy cam dijital.

Memilih prosesor yang hemat energi

Prosesor-prosesor jenis terbaru dengan kecepatan semakin tinggi akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Beberapa vendor prosesor untuk laptop menyediakan prosesor yang hemat dalam penggunaan Energi. Misalya untuk Intel, prosesor kelas M(mobile) dirancang untuk dapat digunakan bepergian sehingga menggunakan listrik lebih hemat. Jenis prosesor lain yang dianggap hemat dalam menggunakan energi adalah jenis prosesor core duo, tentunya dibanding dengan prosesor dengan kecepatan yang sama.


Related Posts with Thumbnails