Mistery Terbaru

Senin, 28 September 2009

'' Pengoperasian TV tuner Internal''

Buat Anda -anda semua kalau belum mengerti bagaimana cara mengoperasikan TV tuner Internal,berikut in adalah cara Pengoperasiannya!!!!


Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas bagaimana mengoperasikan dan cara pemasangan TV tuner jenis internal. Sebelum melakukan instalasi, pastikan kabel power yang terhubung antara power supply dengan CPU terputus, sebab jika masih terhubung dan ketika melakukan pemasangan TV tuner diatas slot, dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan rusaknya peripheral (peralatan) hardware komputer, siapkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar CPU seperti obeng (plus atau min sesuai dengan mur atau baut yang digunakan), serta TV Tuner internal itu sendiri. Setelah itu lakukan langkah berikut :

Langkah Pengoperasian dan Penginstalasian TV Tuner internal :

  1. Siapkan komputer dan card TV tuner.

Sebelum melakukan instalasi tv tuner, sebaiknya kita menyiapkan peralatan – peralatan inti yang mustahil bisa berjalan dengan baik tanpa perlatan ini. Siapkan satu unit komputer multi media yang lengkap dengan peralatan – peralatannya seperti sound card, VGA card, dan card TV tuner itu sendiri, setelah komputer dinyatakan lengkap, sebaiknya Anda cek kembali apakah kartu suara atau soundcard dapat bekerja dengan baik?, kalau belum,maka driver untuk kartu suara harus diinstall kembali, jika Anda menggunakan kartu suara jenis no-onboard (tidak tertancap secara permanen diatas motherboard) maka pastikan letak kartu suara sudah benar dan tertancap di slot-nya dengan baik.

  1. Buka casing komputer
Setelah Anda memastikan seluruh peralatan telah dipersiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya Anda harus membuka cassing CPU untuk menancapkan Card TV tuner diatas motherboard tepatnya di slot PCI. Peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan sederhana yaitu obeng plus atau minus, kita gunakan sesuai dengan mur atau baut yang digunakan untuk penutup casing. Sebelum membuka casing sebaiknya dicabut terlebih dahulu kabel power yang terhubung ke stop kontak agar Anda tidak tersengat aliran listrik. Sebenarnya untuk menghindari sengatan listrik ringan bisa saja kita hindari dengan menggunakan alas kaki, namun hal ini tidak dianjurkan, sebab nanti ketika Anda ingin menancapkan card TV Tuner ke slot PCI dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyababkan rusaknya hardware komputer Anda.
  1. Pasang card TV Tuner di slot PCI
Untuk pemasangan card TV Tuner ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, diantaranya tancapkan card TV Tuner di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) ada beberapa produk yang kemungkinan tidak di tancapkan di slot PCI, tetapi dirancang untuk diletakan pada slot ISA. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pastikan PIN yang berada pada card TV Tuner sesuai dengan ukuran untuk slot PCI, jika tidak sesuai jangan dipaksakan sebab akan menyebabkan terbakarnya motherboard Anda akibat hubungan arus pendek, tetapi hal ini (ketidak sesuaian ukuran slot dengan PIN TV Tuner) jarang sekali terjadi. Setelah ditancapkan, kencangkan mur atau baut TV Tuner pada casing.
  1. Tutup kembali casing Komputer
Jika pemasangan card TV Tuner sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah menutup kembali casing komputer Anda dengan benar. Hal ini kita lakukan guna menghindari masuknya debu kedalam CPU yang dapat menyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.
  1. Hidupkan komputer dengan menghubungkan kabel power ke listrik dan tekan tombol power di casing. Selanjutnya Anda harus menghubungkan kembali kabel power dari power supply ke stop kontak. Kemudian pastikan juga kabel mouse, keyboard, dan speaker terhubung ke slotnya masing – masing juga kabel data monitor ke slot VGA, setelah itu tekan tombol power pada casing Anda untuk mulai mengaktifkan komputer.

  1. Install software driver TV Tuner agar dapat dikenali oleh komputer (langkah instalasi disesuaikan dengan buku manualnya)
    Tunggu sejenak sampai komputer mulai menampilkan sistem operasi dan mendeteksi adanya perangkat baru yang ditemukan (yaitu perangkat TV tuner). Setelah terdeteksi adanya perangkat baru, langkah selanjutnya adalah dengan memasukan CD Driver (CD yang diberikan ketika Anda membeli produk TV Tuner Internal) kedalam CD ROOM, kemudian akan muncul kotak dialog wizard (pernyataan dan pertanyaan yang muncul untuk meminta respon dari Anda.) untuk penginstalasian, ikuti langkah – langkah yang diminta, setelah selesai baru klik tombol finish atau done (sesuai dengan masing – masing product TV Tuner). Langkah terakhir dari penginstalasian software, aktifkan program yang sudah Anda install tersebut.

  1. Hubungkan kabel antena dengan TV Tuner

Sampai sejauh ini Anda mungkin masih belum bisa mengakses siaran televisi, dikarenakan belum terpasangya antena televisi. Segera tancapkan connector (penghubung kabel) antena ke slot antena yang berada di slot TV Tuner (di bagian belakang CPU). Setelah itu baru Anda dapat menggunakan pesawat televisi hasil rakitan sendiri.

  1. Hubungkan jek kabel audio berukuran kecil yang ujungnya dihubungkan ke lubang line-in pada soundcard dan ujung lainnya pada lubang audio yang ber ada di slot TV tuner.
    Jek kabel audio ini bentuk kedua ujungnya sama, bentuknya sama seperti ujung audio yang biasa digunakan untuk headset pada walkman / mp3 player.

  1. Gunakan remote untuk mengubah saluran televisi.

Silahkan ubah konfigurasi televisi Anda dengan menggunakan remote kontrol jika produk yang Anda gunakan menyediakan fasilitas remote control, jika tidak maka gunakan mouse untuk mengkonfigurasinya.


Related Posts with Thumbnails